KOPMA IPB

KOPERASI MAHASISWA IPB


Apa saja yang ada di KOPMA IPB?




Green Co IPB Souvenirs Centre terletak di kawasan pertokoan Grawida tepatnya di Jl. Babakan Raya Kompleks Pertokoan Grawida Kampus IPB Darmaga Telp (0251) 8629 807. Usaha ini merupakan usaha pertama yang dimiliki KOPMA IPB. Berdiri pada tahun 2001. Green Co merupakan usaha Kopma IPB yang menyediakan berbagai produk suvenir dan berbagai aksesoris IPB mulai dari stiker, t-shirt, sweater, payung, pulpen, pin mug, Jas Lab, gantungan kunci, jam, kancing almamater dll. Slogan yang diusung adalah “Membuat Anda Bangga Dengan IPB”. Slogan ini memiliki maksud produk Green Co bisa membuat civitas akademik IPB memiliki rasa bangga sebagai warga IPB.


Peluang Usaha

Produk yang dijual sebagian diproduksi sendiri dan sebagian lagi bekerjasama dengan supplier dari anggota Kopma maupun non-anggota. Kami membuka peluang sebesar-besarnya bagi Civitas Akademik IPB maupun non-IPB yang tertarik mensupplai produk Souvenir Khas IPB. Peluang usaha ini sangat menguntungkan, namun perputaran sedikit lama. Produk yang kami rekomendasikan adalah produk unik dan menarik seperti Boneka berlogo IPB, Sweater IPB, Jaket IPB, Kertas Isi Binder berlogo IPB, Gantungan Kunci, Dompet HP, Kaos IPB. Berdasarkan Riset kami, untuk Kaos perputarannya 250 dalam 3 bulan habis terjual dengan syarat harga terjangkau, desain menarik dan kualitas bagus. Boneka perputarannya 100 buah per bulan. Terlebih pada moment Liburan Tingkat (Juli-Agustus), Liburan Lebaran dan Liburan Semester (Januari) merupakan moment terbaik dimana puncak omset penjualan. Tertarik? Silahkan Hubungi Contact di (0251) 8629 807.


Kerja Sama

Green Co telah melakukan kerjasama baik berupa partnership maupun sponsorship. Selain itu produk Green Co sering dipamerkan di berbagai kegiatan baik kegiatan di Kampus atau diluar kampus seperti PestaSains BEM FMIPA, MUNAS ALUMNI IPB, TEMU ALUMNI IPB BANK MANDIRI, Tetranology BEM FATETA, D’Farm Festival BEM Fapet, Campus Fair 2002-2008, MPD Agribisnis. Kami bersedia melakukan kerjasama baik berupa Partnership maupun Sponshorship. Khusus untuk Sponshorship ada beberapa kriteria tertentu. Silahkan mengajukan proposal kepada kami. Sedangkan untuk Parternship berupa penyediaan barang untuk dijual di pameran atau kegiatan lainnya. Silahkan langsung hubungi Karyawan kami atau Contact di (0251) 8629 807. Bagi semua Civitas Akademik IPB yang ingin berbelanja Souvenir dan Aksesoris IPB segera kunjungi Green Co. Bagi anda yang kedatangan tamu dari Luar IPB, silahkan bawa tamu anda untuk mengunjungi toko kami.


Produk

Selain menjual produk souvenir, kami juga menawarkan jasa pemesanan produksi berbagai souvenir sesuai pemesanan seperti kaos, topi, mug, boneka, pulpen. Khusus Kaos dengan spesifikasi : Bahan Katun Combad Soft, Sablon karet, pemesanan Min 50 buah. ( 50 – 75 ) : Rp 35.000,- ( 76 – 149) : Rp 33.000,- (150 – 249) : Rp 32.000,- DP min 50%, Hasil produksi min 7 hari (hari kerja) setelah penyerahan uang DP dan Desain.




Usaha ini berdiri bersamaan dengan pembangunan Gedung Asrama Putra yaitu Tahun 2003. Unit usaha yang dikelola KOPMA IPB di asrama putra pada awalnya meliputi usaha toko/ritel, Jasa Fotokopi dan jasa rental komputer. Usaha ini pada awal pendirian hingga tahun 2008 diberi nama Retail Green Excellent yang menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari, makanan dan minuman ringan, ATK.


Seiring perkembangan zaman, lama kelamaan usaha fotokopi dieliminasi karena tidak memberikan hasil yang signifikan. Usaha jasa rental komputer yang pada awal mulanya diprediksikan mampu menghasilkan profit, namun seiring perjalanan kepengurusan juga tidak memberikan hasil yang signifikan bahkan cenderung terus mengalami kerugian karena biaya operasional yang tinggi dan permintaan yang kurang signifikan. Usaha toko/ritel pun mengalami hal serupa. Modal yang sangat terbatas menyebabkan barang yang dijual sangat sedikit dan cenderung mahal.


Mulai kepengurusan 2007/2008 tepatnya Bulan Oktober 2007, dilakukan perombakan ruangan dengan menukarkan ruangan rental yang tadinya memiliki luas 7×4 meter dengan ruangan retail yang tadinya luas ruangan 4×4 meter. Konsep yang diusung adalah menjadikan Green Excellent menjadi Warung Serba Ada (Waserda), bukan lagi toko ritel kecil. Oleh karena itu beberapa peralatan dibeli untuk mendukung hal tersebut seperti Rak Display Produk, Kulkas Dua buah, Keranjang Snack. Selain itu sistem manajemen usaha pun dirancang untuk mendukung usaha yang lebih profesional.


Hasil perombakan tersebut sangat signifikan pada jumlah pendapatan unit usaha ini. Peningkatan omset penjualan selama tahun 2007 yaitu peningkatan sebesar 122,54% dari tahun sebelumnya Rp 33.064.650 menjadi Rp 73.581.100. Pada Bulan Mei 2008 dilakukan perombakan kembali yaitu dengan membongkar dinding penyekat antara Ruangan Waserda Green Excellent dengan Usaha Jasa Rental. Pihak Manajemen memutuskan untuk mengeliminasi usaha jasa rental dan menggantikannya dengan usaha pulsa (seluler). Setelah perombakan tersebut, rata-rata omset bulanan diatas Rp 10.000.000,-.


Pada tahun 2009, usaha Waserda Green Excellent berganti nama dan status dimana yang sebelumnya warung serba ada (Waserda), kini menjadi usaha minimarket. Perubahan status ini untuk membangun citra kepada konsumen bahwa produk yang kita jual bisa seperti minimarket dalam hal kelengkapannya. Nama Waserda Green Excellent di Ganti menjadi KOPMART Minimarket. Perubahan nama ini didasarkan kepada nama sebelumnya sulit untuk diingat dan diucapkan oleh konsumen sehingga konsumen kurang begitu mengingat nama Green Excellent. Hal ini menyebabkan nama Green Excellent kurang popular dikalangan Mahasiswa Asrama Putra TPB IPB. Oleh karena itu, perubahan nama menjadi Smart Cell ini diharapkan semakin meningkatkan citra usaha ini dimata konsumen yaitu mahasiswa Asrama Putra.




Usaha ini berdiri pada tahun 2003. Green Smart pada mulanya terdiri dari usaha jasa rental, jasa fotokopi, usaha ATK, dan Snack Kilo-an. Mulai dari tahun pendiriannya hingga pada tahun 2007, usaha ini belum bisa memberikan hasil yang positif. Salah satu penyebabnya adalah modal yang terbatas membuat usaha yang dijalankan setengah-setengah.Selain itu tingkat persaingan di Asrama Putri cukup tinggi dibandingkan di Asrama putra.


Seiring perkembangannya, usaha jasa rental paling pertama dieliminasi karena tidak mampu membayar biaya operasional. Selanjutnya usaha fotokopi dieliminasi karena mesin fotokopi sering mengalami kerusakan. Pada akhirnya beberapa komputer dan mesin fotokopi diputuskan untuk dijual.


Mulai tahun 2007, usaha Green Smart lebih memfokuskan diri kepada usaha yang lebih berbeda dengan pesaing yaitu dengan membuka usaha Ice Cream Campina, Snack Kiloan, dan tambahan usaha makanan ringan (snack) serta minuman ringan. Pada Bulan Mei 2008 dilakukan perombakan ruangan. Ruangan bekas usaha rental yang tidak terpakai akhirnya dirombak menjadi ruangan usaha jasa fotokopi dengan bekerja sama dengan stakeholder Kopma IPB dengan prinsip kerjasama saling menguntungkan kedua belah pihak. Rencana Strategis pengembangan usaha Green Smart adalah memfokuskan diri pada usaha Snack Kilo-an, Ice Cream Campina, Makanan & minuman ringan, dan Alat Tulis dengan menambah skala usaha. Saat ini skala usaha Green Smart tergolong usaha mikro dengan modal kurang dari 5 juta. Oleh karena itu, target tahun 2009 adalah usaha Green Smart mengalami peningkatan modal.




Smart Cell merupakan usaha yang didirikan pada Bulan Februari 2008. Usaha ini bermula dari adanya kebutuhan mahasiswa yang semakin meningkat terhadap konsumsi pulsa seluler. Usaha ini memiliki dua cabang yaitu di Asrama Putri dan Asrama Putra. Produk yang Smart Cell sediakan adalah produk Pulsa Elektrik, Pulsa Fisik, Kartu Perdana, Aksesoris HP, Pelindung HP, Dompet HP. Adapun pulsa provider yang kami jual yaitu Simpati, Kartu As, 3, Axis, XL Bebas, XL Jempol, Im3, Mentari, Fren, Esia, Flexi dengan berbagai range harga mulai dari pulsa 5 ribu hingga 100 ribu dan tersedia paket sms untuk im3. Rencana Strategis dari pengembangan usaha Smart Cell ini adalah melakukan ekspansi usaha ke luar kampus yaitu di sekitar Bara, Bateng atau Balio serta melakukan usaha agen pulsa khusus angota Kopma. Adanya keterbatasan modal membuat rencana strategis tersebut tertunda dan akan dimulai tahun 2009 ini. Mulai Tahun 2009 akan ada perombakan ruangan di Asrama Putri. Pada tahun 2008 ruangan usaha Smart Cell menyatu dengan Unit Green Smart. Setelah dilakukan perombakan, usaha Smart Cell ini memiliki ruangan khusus.


Selain itu usaha yang diusung tidak lagi usaha pulsa, ada beberapa usaha tambahan seprerti usaha penjualan kerudung muslim, mukena muslim, pakaian muslim, underwear, aksesoris lainnya.Oleh karena itu unit usahanya menjadi “SMART CELL + (PLUS)”